Apa Itu Copywriting? Ayo Pelajari Pengertiannya Disini

Secara singkat pengertian copywriting adalah teknik menulis untuk mempengaruhi pikiran pembaca, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Mempelajari teknik menulis seperti ini sangatlah penting sekali, terutama jika Anda ingin bisnis yang Anda jalani saat ini bisa berkembang pesat.

Karena jika Anda bisa menerapkannya dengan benar, Anda ibaratnya memiliki seorang salesman professional yang sangat pintar mengambil hati customer.

Terlebih lagi saat ini digital marketing semakin populer dan mampu mengalahkan pemasaran tradisional. Jelas sekali Anda dituntut untuk lebih dari tahu tentang apa itu copywriting.

Coba bayangkan jika sebagian besar orang yang membaca penawaran Anda langsung tergiur dengan bisnis Anda, dan sebagian kecil lainnya memikirkan untuk membelinya di kemudian hari.

Ya, itu adalah salah satu manfaat copywriting yang bisa Anda rasakan langsung.

Dan jika benar Anda menginginkan hal itu terjadi, maka pastikan Anda membaca artikel ini sampai selesai. Kecuali Anda rela kompetitor Anda yang membacanya terlebih dahulu.

Karena nanti disini saya akan membahas pengertian copywriting yang wajib Anda pelajari. Mulai dari ilmu dasar hingga bagaimana nanti Anda bisa membuatnya dengan benar. Ayo baca detailnya sekarang!

Apa Itu Copywriting

Mulai Memahami Apa Itu Copywriting

Untuk bisa mengerti apa itu copywriting, Anda harus mulai memahaminya dari arti katanya terlebih dahulu.

Copywriting berasal dari dua suku kata, yaitu COPY dan WRITING.

Jika sebelumnya Anda pernah menerka bahwa copywriting adalah mengcopy atau menyalin sebuah tulisan, maka mulai sekarang pemahaman itu perlu kita luruskan.

Arti copywriting sangat jauh berbeda dengan COPY PASTE. Sama sekali tidak ada hubungannya yaa.

Memang benar dalam kamus Bahasa Inggris, kata “COPY” jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia artinya adalah “SALINAN”.

Tapi bukan, bukan itu arti copywriting yang dimaksud disini!

COPY disini artinya adalah naska iklan atau penawaran yang digunakan untuk kebutuhan pemasaran.

WRITING artinya sama seperti yang Anda ketahui sebelumnya, yaitu menulis.

Jadi pengertian copywriting adalah teknik menulis sebuah penawaran yang digunakan dalam pemasaran, yang mana tujuannya agar pengunjung bisa mengambil tindakan yang Anda inginkan, seperti membeli, mendaftar, mendownload, atau tindakan lainnya.

Copywriting merupakan bagian dari upaya pemasaran dan sangat erat sekali kaitannya dengan periklanan.

Sedangkan orang yang munulis copywriting biasa disebut COPYWRITER.

Untuk bisa menulis copywriting, seoarang copywriter bukan hanya harus menguasai product knowledge tapi juga mengetauhi siapa konsumennya. Atau biasa disebut BUYER PERSONA.

Tentu saja untuk menentukan buyer persona harus berdasarkan metode ilmiah yang Anda riset berdasarkan data-data yang benar.

Manfaat Copywriting Untuk Bisnis Anda

Copywriting adalah hasil dari pemikiran kreatif yang bisa menghasilkan tulisan persuasif untuk menarik perhatian pasar.

Menerapkan teknik copywriting, bisa membuat promosi Anda menjadi jauh lebih efektif dan efisien.

Dengan teknik penulisan yang tepat, Anda bisa mendapat respon 5x lebih banyak daripada Anda hanya menggunakan tulisan biasa. Meskipun produk yang Anda jual sama persis.

Berikut 6 Manfaat Copywriting

  • Konversi jauh lebih besar dari sebelumnya
  • Bisa meningkatkan penjualan produk atau jasa
  • Maksud dan tujuan dapat tersampaikan dengan benar
  • Pembaca lebih mudah memahami benefit bisnis Anda
  • Pembaca lebih yakin dengan penawaran Anda
  • Pembaca bisa berfikir cepat untuk membelinya segera

Jadi dengan copywriting seolah-olah Anda sedang menyihir pengunjung untuk membuatnya bukan hanya ingin membeli tetapi harus segera membelinya saat ini juga.

Untuk lebih detail baca juga artikel tentang manfaat copywriting.

Bisa dibayangkan jika kompetitor Anda ternyata sudah mendahului Anda menggunakan teknik copywriting seperti ini dan bahkan sudah merasakan manfaat-manfaat diatas, sementara Anda baru mengerti apa itu copywriting.

Tapi tenang, tidak ada kata terlambat untuk mulai belajar copywriting! Ini lebih baik daripada Anda sama sekali tidak melakukan apa-apa.

Dan jika saat ini Anda sudah tidak sabar lagi untuk mempelajarinya lebih dalam dan ingin segera mengejar ketinggalan Anda, maka Anda bisa lanjut membaca artikel cara membuat copywriting yang menarik.

Artikel itu memang sudah saya siapkan khusus untuk Anda, agar nantinya Anda bisa membuat copywriting yang menarik dengan cara yang benar.

Perbedaan Copywriting dan Content Writing

Perbedaan Copywriting dan Content Writing

Mohon maaf! Gambar ini hanya sebagai ilustrasi agar pembaca bisa membedakan antara copywriting dan content writing. Tidak ada hubungan dan sangkut paut dengan promosi suatu produk dari merek otomotif tertentu.

Mungkin Anda pernah bingung membedakan antara copywriting dan content writing. Keduanya memang sama-sama ada hubungannya dengan kegiatan tulis-menulis.

Namun perlu Anda ketahui copywriting berbeda dengan content writing dan yang membedakan antara keduanya ada pada tujuan penulisannya.

  • Copywriting adalah sebuah konten yang digunakan untuk tujuan pemasaran dalam rangka meningkatkan engagement. Pesan yang disampaikan lebih bersifat persuasif.
  • Content Writing adalah sebuah konten yang tujuannya untuk brand awareness dengan cara memberi informasi kepada pembaca. Pesan yang disampaikan lebih bersifat informatif.

Syarat Copywriting Yang Harus Selalu Ada

Sebuah copy yang dapat diandalkan harus mampu menggiring opini pengunjung melalui pendekatan komunikasi, pengembangan pribadi, dan psikoterapi yang baik.

Untuk itu dalam setiap penulisan Anda harus selalu menggunakan gaya copywriting model AIDA, yaitu: Attention, Interest, Desire, Action.

  • Attention, sebuah tulisan harus menarik perhatian.
  • Interest, tulisan tersebut bisa menimbulkan minat pembaca.
  • Desire, bisa merangsang keinginan pembaca.
  • Action, membuat pembaca melakukan tindakan.

Syarat copywriting ini mutlak dan harus selalu ada didalam setiap penawaran yang Anda buat nantinya.

AIDA Copywriting

Jenis Copywriting Yang Perlu Anda Ketahui

Copywriting adalah sebuah naska iklan yang juga memiliki beberapa jenis gaya penulisan. Jenis-jenis penulisan ini bisa disesuaikan dengan tujuan dan target yang ingin dicapai.

Berikut ini beberapa jenis copywriting yang perlu Anda ketahui:

Story Copywriting

Story Copywriting adalah sebuah penawaran yang banyak menceritakan penjelasan tentang produk secara lebih terperinci.

Imagination Copywriting

Imagination Copywriting ini hampir sama dengan Story Copywriting diatas, yaitu menulis naska iklan dengan menggunakan cerita.

Hanya saja, di dalam Imagination Copywriting ini lebih memainkan imajinasi pembaca.

You and Me Copywriting

Ini adalah gaya copywriting yang ditulis seolah-olah Anda hanya berbicara dengan satu orang saja. Dengan begitu pembaca dapat merasa lebih dekat, lebih intim dan lebih intens.

Hyperbolic Copywriting

Pengertian Hyperbolic Copywriting adalah tulisan yang melebih-lebihkan suatu produk atau jasa, seolah-olah produk atau jasa tersebut adalah yang terbaik.

Yang perlu diperhatikan! Jika Anda membuat copywriting seperti ini, hendaknya Anda sajikan juga data dan fakta yang ada.

Fortright Copywriting

Menulis kelebihan dan kekurangan dari produk atau jasa yang dipasarkan dapat memperkuat isi dari pesan yang disampaiakan.

Membuat pengunjung yang membaca copywriting Anda bisa berpikir lebih realistis, dan pengunjung bisa melihat sebuah penawaran yang jujur dan apa adanya.

Teaser Copywriting

Fungsi copywriting ini untuk membuat penasaran pembacanya. Tujuannya supaya orang yang membacanya jadi mengerutkan kening dan akhirnya malah tertarik untuk membeli.

Competitive Copywriting

Competitive copywriting merupakan penawaran yang ditulis dengan cara membanding-bandingkan suatu produk dengan produk yang lain.

Perbandingan ini bisa meliputi kualitas, fitur dan manfaat dari sebuah produk dengan porsi yang sama, sehingga calon pembeli dapat memilih mana yang lebih unggul.

News Copywriting

News Copywriting adalah naska iklan yang disajikan dalam bentuk pengumuman atau berita.

Gaya penulisan yang disampaikan tidak mengandung banyak majas ataupun kata-kata yang terlalu berlebihan.

Humorous Copywriting

Ini adalah copywriting yang disajikan dengan kalimat menghibur dan lebih memperbanyak unsur humor di dalamnya tapi tanpa mengurangi makna tulisan yang disampaikan.

Factual Copywriting

Factual Copywriting menyajikan sebuah informasi yang berdasarkan data dan fakta yang sesuai dengan kenyataan.

Visual Copywriting

Visual Copywriting adalah copywriting yang menampilkan gambar visual dan ilustrasi untuk menyampaikan makna, dengan porsi tulisan yang lebih sedikit.

Poetic Copywriting

Yang unik dari Poetic Copywriting ini terletak pada cara penyampaiannya yang menggunakan puisi.

Di dalamnya mengandung sebuah kalimat yang dirangkai dengan indah.

Straightforward Copywriting

Copywriting ini hanya bercerita tentang fakta dengan cara penyampaian yang lebih mudah dipahami dan tidak membuat pembaca untuk berpikir terlalu berat.

Sedikit Contoh Copywriting

Karena tujuan copywriting adalah agar pengunjung bisa sesegera mungkin melakukan tindakan, maka Anda harus bisa membuat pesan tulisan penjualan paling persuasif.

Misal Anda ingin membuat copywriting untuk iklan…

Hal utama yang harus Anda perhatikan adalah membuat headline yang powerful. Sebab headline merupakan iklannya iklan Anda.

Berikut ini contoh teks copywriting yang menarik untuk dijadikan headline

  • Kini Anda Bisa Menulis Copywriting Dengan Mudah
  • 7 Alasan Kenapa Anda Harus Membeli Produk Ini
  • Bagaimana Anda Bisa Lebih Cepat Menghasilkan Banyak Uang
  • Inilah Cara Membuat Penawaran Yang Tidak Bisa Ditolak Pembaca
  • Jangan Membeli Sebelum Anda Membaca Tulisan Ini

Sedangkan untuk bagian kontennya Anda bisa menuliskan kalimat-kalimat persuasif yang menarik, mudah dipahami dan menjabarkan makna dari headline yang Anda buat.

Jangan membuat copywriting yang hiperbola atau terlalu melebihkan tetapi Anda tidak bisa menunjukan data yang akurat.

Contohnya

“Ribuan orang sudah membeli produk …”.

Faktanya produk tersebut baru saja Anda launching dan belum dikenal banyak orang, sehingga pembelinya juga masih sangat sedikit.

Jadi copywriting adalah tulisan yang mempersuasif tapi tetap berdasarkan fakta dan data akurat. Bila diperlukan jabarkan juga data-data tersebut agar bisa meyakinkan pembaca.

Ingin tahu contoh lebih banyak? Silahkan menuju ke halaman contoh copywriting untuk mendownloadnya.

Mengapa Anda Butuh Copywriter?

Copywriter adalah seorang profesional yang memiliki keahlian dalam hal menulis naska iklan untuk tujuan pemasaran.

Lalu mengapa Anda butuh copywriter? Apa tugas seorang copywriter?

Bukankah copywriting itu juga cuma tulisan saja? Semua orang juga bisa menulis kali! Apalagi dalam pelajaran Bahasa Indonesia dijaman sekolah dulu sudah pernah diajarkan.

Yup! Anda benar, semua orang memang bisa menulis.

Tapi coba Anda ingat sekali lagi pengertian copywriting yang tadi diatas sudah kita bahas bersama.

Kita tentu tahu menjual itu tidak mudah. Terlebih lagi jika Anda menjual hanya dengan menggunakan tulisan. Pasti jauh lebih sulit lagi bukan?

Jadi copywriter itu sama dengan salesman yang berbentuk tulisan.

Seorang copywriter professional selalu bisa mempesona pembaca melalui kata-kata yang ditulisnya.

Tulisan yang harus dibuatnya bukanlah tulisan biasa, tapi sebuah tulisan persuasif yang secara langsung harus bisa mempengaruhi pikiran pembacanya.

Andapun juga bisa belajar untuk menjadi seorang copywriter yang kreatif. Karena biar bagaimanapun juga copywriting adalah sebuah seni menulis yang bisa Anda pelajari.

Selain membaca artikel-artikel yang saya tulis di website ini, Anda juga bisa membeli buku copywriting di Gramedia atau toko buku lainnya untuk terus meningkatkan skill copywriting Anda.

Khusus Untuk Anda Yang Ingin Segera Meningkatkan Omset Tapi Tidak Ada Waktu Untuk Belajar Copywriting

Pentingnya Copywriting

Jangan khawatir! Anda tidak perlu membuang-buang waktu berharga Anda hanya untuk belajar membuat sebuah copywriting.

Saat ini EVOmedia sudah menyediakan Jasa Copywriting yang siap membantu Anda membuat sebuah penawaran yang luar biasa.

Disini Anda akan dilayani oleh copywriter professional yang sudah cukup berpengalaman dibidangnya.

Tertarik untuk menggunakan Jasa Copywriting EVOmedia? Langsung saja klik disini!

Sampai disini artikel ini harus saya akhiri. Semoga setelah membaca tulisan ini Anda bisa lebih mengerti apa itu copywriting.

Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *