Apa Itu Google Ads dan Apa Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

Sebagai orang awam yang baru memulai belajar digital marketing, mungkin Anda pernah bertanya-tanya apa itu Google Ads dan apa saja manfaatnya?

Pengertian Google Ads atau yang dulu dikenal dengan AdWords adalah media periklanan online untuk memasarkan bisnis melalui search engine Google dan jaringannya.

Sebenarnya di dunia internet marketing ada banyak sekali cara untuk mendatangkan trafik ke wbsite kita. Salah satunya adalah Google Ads yang merupakan periklanan online paling banyak digemari selain Facebook Ads.

Iklan online jauh lebih efektif dibandingkan harus menggunakan media pemasaran tradisional yang bisa menghabiskan banyak dana.

Untuk lebih mempersingkat waktu sekarang saya akan langsung membahas apa itu Google Ads secara lengkap dan mendalam.

Apa Itu Google Ads

Ayo Memahami Apa Itu Google Ads dan Manfaatnya

Seperti yang saya sampaikan diatas tadi, Google Ads adalah media periklanan online milik Google yang disediakan untuk para pebisnis agar bisa memasarkan bisnisnya melalui internet.

Iklan Anda bukan hanya bisa tampil di search engine Google saja, tapi juga seluruh jaringan periklanan Google, seperti Youtube, PlayStore, website atau Blog yang bermitra dengan Google melalui program Adsense, dll.

Anda akan sangat rugi jika Anda hanya ingin tahu apa itu Google Ads tapi tidak ingin segera memanfaatkanya.

Jika Anda tidak ada waktu untuk belajar tapi Anda ingin segera meningkatkan omset, maka Anda bisa menggunakan Jasa Google Ads yang berpengalaman dan profesional.

Karena ada banyak sekali manfaat Google Ads yang membuatnya menjadi sangat efektif untuk menunjang pertumbuhan bisnis Anda, diantaranya:

Iklan Yang Lebih Tertarget

Pengertian Google Ads dalam menargetkan iklan adalah kemampuan menempatkan iklan langsung dihadapan visitor, ketika mereka sedang mencari informasi yang relevan dengan bisnis Anda melalui mesin pencari Google.

Iklan Anda juga bisa muncul ketika ada orang yang sedang membaca artikel disebuah website atau blog yang memiliki tema yang relevan dengan usaha Anda.

Bahkan Anda bisa menargetkan kembali kepada orang-orang yang sebelumnya sudah pernah mengunjungi atau berinteraksi dengan website Anda.

Bayar Hanya Untuk Hasil

Konsep iklan digital yang ditawarkan oleh perusahaan search engine terbesar di dunia ini sangat menarik dan unik. Google Ads menggunakan sistem Biaya Per Klik atau Pay Per Cick (PPC).

Pengertian PPC adalah Anda hanya diwajibkan membayar jika sudah ada pengunjung tertarget yang tertarik untuk mengeklik penawaran pada iklan Anda.

Google Ads adalah media yang bisa meminimalkan terjadinya pemborosan anggaran belanja untuk promosi. Dengan sistem pembayaran seperti ini dapat mengurangi resiko pengeluaran anggaran yang sia-sia.

Iklan digital yang sebelumnya bernama AdWords ini juga memberikan kendali secara penuh terhadap berapa alokasi anggaran promosi yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan bisnis Anda.

Mudah Dievaluasi

Setiap kinerja iklan akan secara otomatis tercatat, jadi Anda dapat memantau seberapa banyak orang-orang yang melihat iklan Anda, dan berapa banyak di antara mereka yang sudah mengunjungi website atau menghubungi Anda.

Tentu saja manfaat seperti ini akan memberikan Anda keleluasaan untuk mengevaluasi kinerja iklan.

Anda bisa terus memantau perkembangan performa iklan agar bisa lebih efektif dan memberikan hasil yang lebih baik.

Beberapa Jenis Kampanye Iklan Google Ads

Google Ads adalah platform periklanan online dari Google yang dulu bernama AdWords. Namun karena sekarang periklanan ini sudah memiliki beberapa jenis kampanye yang bervariasi, maka kini AdWords berganti nama menjadi Google Ads.

Tentu saja Anda tidak harus menggunakan semua jenis kampanye tersebut, tapi Anda bisa memilih beberapa yang pas dengan sasaran iklan Anda.

Berikut jenis kampanye Google:

  • Hanya Jaringan Penelusuran
  • Jaringan Penelusuran denganDisplay Select
  • Hanya Display Network
  • Belanja
  • Video
  • Aplikasi universal

Saya merasa memahami pengertian jenis kampanye Google Ads tersebut bukan hanya sebatas untuk megerti apa itu Google Ads saja, tapi juga sangat penting untuk menentukan target iklan Anda nantinya.

Maka saya harus membuat artikel terpisah yang kusus membahas jenis kampanye Google Ads secara lebih detail.

Bahkan agar Anda bisa lebih memahami istilah-istilah tersebut maka Anda harus melihat beberapa contoh Google Ads beserta gambar yang sesuai dengan jenisnya.

Biaya Google Ads Yang Sesuai Dengan Bisnis Anda

Saya rasa sampai disini Anda sudah tahu apa itu Google Ads. Mulai dari manfaat hingga jenis-jenis kampanye sudah Anda pelajari.

Sekarang waktunya Anda untuk mengetahui berapa biaya yang diperlukan untuk beriklan disini.

Mungkin sebelumnya Anda juga sempat berpikir untuk memasang iklan di situs mesin pencari terbesar di dunia pasti akan sangat mahal.

Memang Google Ads adalah media yang menjadi pemasukan utama Google hingga saat ini, namun Anda tidak perlu takut dengan patokan harga yang ditentukannya.

Sebenarnya biaya Google Ads itu sangat flexible, yang artinya Anda bebas menentukan sendiri berapa Anggaran yang Anda perlukan untuk bisnis Anda.

Karena biaya dihitung dari jumlah klik yang Anda peroleh, maka semakin besar anggaran Anda juga semakin banyak klik yang bisa Anda dapatkan.

Google Ads adalah layanan periklanan yang benar-benar unik bukan? Bahkan disini Anda juga bebas menentukan penawaran berapa Biaya Per Klik yang bersedia Anda bayarkan.

Tentunya Biaya Per Klik juga depengaruhi oleh faktor persaingan bisnis. Jika persaingan bisnis Anda sangat tinggi maka Biaya Per Klik juga menjadi lebih tinggi.

Kabar baiknya, Anda bisa membaca artikel saya tentang Biaya Google Ads untuk megukur berapa anggaran yang sesuai dengan bisnis Anda, dan bagaimana agar Anda mendapatkan harga termurah.

Bagaimana Cara Memasang Iklan di Google Ads

Sekarang Anda sudah tahu bahwa Google Ads adalah sahabat terbaik Anda dalam pemasaran digital. Cara memasangnya juga bisa kita pelajari secara bertahap.

Bahkan untuk membantu Anda dalam beriklan, maka Google sendiri sudah mengelompokan 2 jenis periklanan:

  1. Google Ads
  2. Google Ads Express

Jika Anda saat ini adalah seorang pemula, sebaiknya Anda mencoba yang Express terlebih dahulu.

Pengertian Google Ads Express adalah layanan periklanan digital yang dapat mengelola iklan secara otomatis, tanpa memerlukan pengelolaan harian dan tidak memerlukan semua fitur yang ada di Google Ads.

Karena cara pemasangan iklan ini membutuhkan penjelasan yang cukup panjang, maka akan saya sambung pada tutorial cara pasang iklan Google Ads.

Semoga artikel singkat ini bisa menambah wawasan Anda, khususnya pemahaman tentang apa itu Google Ads.

Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *