Apa Itu Landing Page dan Kenapa Anda Harus Memanfaatkanya

Dalam digital marketing, pengertian landing page adalah halaman yang dikunjungi pertama kali oleh pengunjung dan biasanya dibuat khusus untuk keperluan pemasaran atau kampanye iklan.

Hingga saat ini landing page masih tetap menjadi salah satu funnel utama para pelaku internet marketing untuk meningkatkan penjualan secara langsung, maupun untuk mengumpulkan data prospek.

Sudah banyak diantara mereka yang bisnisnya sukses karenanya.

Memang menggunakan landing page merupakan salah satu strategi digital marketing yang benar-benar ampuh dalam mengkonversi pengunjung menjadi pembeli.

Meskipun demikian ternyata masih banyak juga orang yang belum mengerti tentang apa itu landing page dan apa saja manfaatnya.

Tentu hal seperti ini sangat disayangkan, karena sebenarnya ini merupakan sebuah halaman penjualan yang keampuhanya sudah dibuktikan oleh banyak orang dari seluruh dunia.

Apakah Anda rela jika Anda juga tidak bisa ikut memanfaatkanya hanya karena Anda belum mengetahui pengertian landing page?

Kabar baiknya, kali ini saya akan menjelaskan secara mendalam kepada Anda. Sehingga nantinya Anda bukan hanya mengerti, tapi juga bisa ikut merasakan kehebatan landing page untuk meningkatkan omset penjualan pada bisnis Anda.

Apa Itu Landing Page

Pahami Dulu Apa Itu Landing Page

Secara garis besar pengertian landing page adalah sebuah halaman website yang dibuat khusus untuk keperluan pemasaran atau kampanye iklan.

Di sinilah pengunjung nantinya mendarat pertama kali setelah mereka mengklik iklan Anda.

Untuk itu sebuah halaman landas harus bisa membuat pengunjung melakukan suatu tindakan tertentu, langsung pada pandangan pertama.

Halaman landas ini juga biasa disebut sebagai minisite, karena hanya terdiri dari satu atau beberapa halaman saja. Sehingga dikatakan sebagai website yang berukuran kecil atau mini.

Sebuah minisite yang hanya terdiri dari satu halaman, bukan dibuat karena tidak dengan maksud dan tujuan tertentu.

Maksud landing page dibuat hanya dengan satu halaman tanpa menggunakan menu navigasi atau link ke halaman lain adalah agar pengunjung tidak bolak-balik antar halaman website.

Meminimalisir pergerakan visitor seperti ini tujuanya agar mereka bisa tetap fokus pada suatu penawaran kita dan mau sesegera mungkin melakukan suatu tindakan tertentu.

Informasi yang terdapat di landing page juga harus spesifik dan fokus hanya pada suatu tujuan saja. Sama seperti landasan pesawat terbang, yang tidak boleh dibuat berbelok-belok.

Hal itulah yang membedakan antara landing page dengan company profile atau toko online dengan banyak pilihan produk di dalamnya yang bisa membingungkan pengunjung.

Tujuan Membuat Landing Page

Sekali lagi saya tegaskan, landing page adalah sebuah halaman yang di buat secara khusus untuk menggiring pengunjung melalui sales funnel yang tepat agar mereka mau secepatnya melakukan suatu tindakan tertentu sesuai keinginan Anda.

Berikut beberapa contoh tujuan landing page:

  • Meningkatkan Penjualan Langsung
  • List Building
  • Branding Name
  • Mendaftar webinar
  • Agar visitor segera menghubungi Anda
  • Mendownload sesuatu

Meskipun di atas saya menyebutkan ada beberapa contoh tujuan landing page, namun jangan sekali-kali Anda memasukan semua goal di atas hanya pada satu halaman saja.

Jika Anda memiliki lebih dari satu goal hanya pada satu laman saja, maka Anda bisa memecahkan fokus dan membingungkan pengunjung yang justru bisa berakibat buruk pada pencapaian target yang diharapkan.

Ingat sekali lagi pengertian dari apa itu landing page yang tadi sudah beberapa kali saya sampaikan di atas.

Seharusnya landing page menjadi sebuah halaman dengan konten yang sangat spesifik, sehingga visitor bisa tetap fokus pada suatu tujuan tertentu.

Jika visitor Anda bisa fokus pada goal tersebut, maka konversi yang Anda dapat juga akan bisa lebih memuaskan.

Untuk itu menentukan apa tujuan Anda membuat landing page merupakan hal terpenting yang harus Anda pikirkan terlebih dahulu.

landing page vs online shop

Jenis Landing Page

Setelah kita memahami apa itu landing page yang tadi sudah kita bahas bersama, maka sekarang kita cari tahu apa saja jenis-jenisnya.

Meskipun merupakan halaman yang simple dan spesifik, ternyata landing page juga memiliki beberapa jenis. Namun disini saya hanya menjelaskan dua jenis yang paling inti saja.

Masing-masing jenis landing page ini penggunaanya bisa Anda sesuaikan dengan tujuan utama Anda.

Berikut ini adalah jenis-jenis landing page

  • Click Through
    Click Through adalah landing page yang mempunyai fungsi agar pengunjung mau segera mengeklik tombol call to action. Tombol ini bisa berupa add to cart, chat melalui WA otomatis, ataupun mengarahkan pengunjung ke halaman lain.
  • Lead Generation
    Lead Generation dibuat untuk mendapatkan data-data tertentu dari pengunjung. Misalnya saja untuk mendapatkan email dan nama pengunjung. Imbalan yang diberikan bisa berupa video atau ebook.
Jenis Landing Page

Agar bisa lebih memahami apa itu landing page, mungkin Anda juga perlu melihat beberapa contoh landing page secara langsung.

Bagaimana Cara Membuat Landing Page

Apapun tujuan Anda nantinya, sebuah landing page yang baik harus bisa menarik perhatian pengunjung agar mereka mau sesegera mungkin melakukan tindakan sesuai tujuan yang Anda targetkan.

Untuk itu jika Anda berencana membuat landing page sendiri, Anda juga harus memperhatikan teknik-teknik penulisan copywriting, pemilihan warna dan tata letak tombol call to action.

Disini saya tidak mungkin bisa menyampaikan tutorial yang memerlukan penjelasan cukup panjang.

Tapi tenang! Saya tetap akan membagikan ilmu ini kepada Anda secara khusus melalui artikel cara membuat landing page.

Dalam artikel tersebut saya sudah menjelaskan bagaimana agar halaman landas yang Anda buat nantinya bisa menghasilkan konversi penjualan yang cukup tinggi.

Namun demikian, sebenarnya Anda tidak harus berjuang sendirian untuk memulai belajar membuat landing page yang diluar bidang Anda.

Anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan landing page yang disediakan oleh EVOmedia, jika memang Anda tidak punya cukup waktu untuk belajar tapi tetap ingin segera meningkatkan omset bisnis Anda.

Dengan menggunakan jasa ini, Anda bisa tetap fokus pada bisnis Anda dan tidak perlu memulai untuk belajar dari awal.

Demikian artikel Apa Itu Landing Page dan Kenapa Anda Harus Memanfaatkanya ini saya buat untuk Anda, semoga setelah memahaminya Anda bisa segera memanfaatkanya untuk meningkatkan omset penjualan Anda.

Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *