Bagaimana Cara Membuat Landing Page Yang Berkonversi Tinggi

Didalam dunia digital marketing, landing page atau minisite merupakan salah satu funnel utama yang dibuat secara khusus untuk mengkonversi pengunjung agar mereka mau segera melakukan tindakan sesuai goal yang diharapkan.

Sayangnya sebagian besar pemula belum menguasai bagaimana cara membuat landing page yang berkonversi tinggi. Mereka malah membuatnya secara asal-asalan, yang justru bisa berakibat buruk pada hasil penjualan.

Ya, memang membikin landing page tidak bisa dilakukan dengan cara sembarangan. Ada salah penempatan sedikit saja, maka hasilnya pasti tidak bisa optimal.

Dan jika saat ini kebetulan Anda juga ingin tahu bagaimana teknik pembuatan landing page yang nantinya benar-benar bisa Anda andalkan untuk merubah visitor menjadi pembeli, maka luangkan sedikit waktu terpenting Anda untuk membaca artikel ini sampai selesai!

Karena disini saya akan membongkar rahasia bagaimana cara membuat landing page yang bisa secara langsung mempengaruhi pikiran pengunjung hanya pada pandangan pertama.

cara membuat landing page

Pelajari Dulu Teknik Bagaimana Cara Membuat Landing Page Yang Bisa Menjadikan Pengunjung Tetap Fokus

Sebelum Anda melangkah jauh lebih dalam pada pembahasan cara membuat landing page ini, sebaiknya Anda menentukan dulu apa GOAL atau tujuan utama Anda membangun landing page tersebut.

Goal ini harus dipikirkan dengan benar agar nantinya halaman landas Anda bisa lebih jelas arahnya kemana.

Beberapa contoh goal dalam pembuatan landing page:

  • Mendapatkan data base pengunjung
  • Meningkatkan penjualan langsung
  • Agar visitor segera menghubungi Anda
  • Branding name
  • Mendownload sesuatu

Meskipun di atas saya mencontohkan beberapa goal dalam pembuatan landing page, namun jangan Anda memasukan semua goal tersebut hanya pada satu halaman landasan saja.

Mengapa demikian?

Karena menentukan SATU GOAL merupakan teknik bagaimana cara membuat landing page yang bisa menjadikan pengunjung tetap fokus dan tidak menjadi bingung. Sehingga konversi untuk mencapai goal akan jadi lebih tinggi.

Bayangkan jika didalam satu landing page memiliki banyak goal! Bukankah ini akan membuat pikiran pengunjung bercabang dan mereka jadi bingung dalam menentukan pilihannya bukan?

Jika Anda ingin mencapai beberapa goal tanpa harus memecahkan fokus dan membingungkan pengunjung, maka Anda bisa membangun landing page lain di halaman terpisah yang masih tetap terhubung dengan landing page pertama Anda.

Jangan Lupa Menerapkan Formula AIDA Dalam Pembuatan Landing Page Anda

Bagus atau tidaknya sebuah halaman sangat dipengaruhi dengan teknik cara pembuatan landing page yang Anda lakukan. Jika teknik yang Anda gunakan tidak sesuai maka hasilnya juga akan kurang optimal.

Cara membuat landing page yang paling ampuh adalah dengan menerapkan formula AIDA di dalamnya.

Dengan menerapkan formula AIDA, Anda bisa membuat sebuah halaman yang bisa menarik perhatian pengunjung sampai mereka mau mengambil tindakan dengan senang hati.

Jasa pembuatan landing page yang disediakan EVOmedia juga selalu menerapkan formula AIDA didalamnya. Itu sebabnya banyak dari pelanggan yang puas akan hasilnya. Bahkan tidak sedikit yang membeli kembali.

Karena memang rata-rata orang yang membuat landing page dengan cara menggunakan formula AIDA seperti ini, konversinya bisa meningkat hingga 253%.

Lalu apa itu AIDA?

AIDA adalah singkatan dari kata Attention, Interest, Desire, dan Action.

  1. Attention = Menangkap perhatian
  2. Interest = Menarik minat
  3. Desire = Menciptakan keinginan membeli
  4. Action = Mengajak untuk bertindak

Mari kita bahas bagaimana cara membuat landing page dengan menggunakan formula AIDA didalamnya.

Membuat headline landing page yang mampu menangkap PERHATIAN

Headline merupakan bagian yang dibaca pertama kali oleh pengunjung Anda. Untuk itu sebuah headline harus bisa menangkap perhatian pengunjung dalam 8 detik pertama, agar selanjutnya mereka mau meneruskan membaca penawaran Anda sampai selesai.

Bagaimana cara membuat headline landing page yang mampu menangkap perhatian pengunjung?

cara membuat headline landing page

Untuk bisa membuat headline minisite yang benar-benar bisa menangkap perhatian pengunjung, maka Anda harus menentukan dulu buyer persona dari produk yang Anda tawarkan.

Begini caranya:

  • Cari tahu siapa calon pelanggan Anda.
  • Cari tahu apa keinginan terbesar konsumen Anda.
  • Cari tahu apa ketakutan terbesar konsumen Anda.

Dan ini contohnya:

“Saya Akan Membantu Anda Menurunkan Berat Badan Hanya Dalam Waktu 3 Bulan Tanpa Mengurangi Porsi Makan Anda.”

Contoh diatas merupakan headline dari sebuah produk penurun berat badan.

Pemilik membuat landing page dengan headline seperti itu karena dia paham sebagian besar pelanggannya adalah mereka yang memiliki berat badan berlebihan.

Yang diinginkan calon customer adalah bisa menurunkan berat badan dalam waktu yang cepat. Sedangkan ketakutan terbesar mereka adalah menahan lapar atau mengurangi porsi makan mereka.

Dan yang lebih penting, cara penulisan headline tersebut harus spesifik dan lebih terasa personal. Seolah-olah hanya tertuju pada satu orang saja.

Sehingga disaat mereka membaca headline pada landing page yang Anda buat, maka akan terkesan “Wah gua banget nie!”.

Karena headline yang kita buat harus bisa menarik perhatian pengunjung hanya dalam waktu kurang dari 8 detik, maka Anda harus bisa membuat headline landing page yang singkat, padat, tapi tetap jelas.

Untuk memperjelas dan memperkuat headline utama bisa juga dilakukan dengan cara menambahkan sub headline.

Membuat kalimat pembuka yang bisa menarik MINAT pengunjung

menarik minat pengunjung
Sumber: instagram.com/diamondrev_

Karena pada tutorial bagaimana cara membuat landing page yang saya sampaikan diatas tadi Anda sudah bisa menangkap perhatian pengunjung melalui headline, maka langkah selanjutnya Anda harus membuat sebuah kalimat pembuka untuk mereka.

Cara Anda membuat penawaran pada bagian awal atau pembuka harus sudah bisa secara langsung menarik minat pengunjung.

Anda bisa mencontoh bagaimana teknik yang digunakan internet marketing profesional dalam membuat landing page berkonversi tinggi.

Untuk mempermudah merangkai kata-kata yang menarik minat pembeli, biasanya para internet marketing profesional memulainya dengan cara membuat buyer persona terlebih dahulu.

Ya memang cara membuat landing page yang power full tidak bisa dilakukan dengan cara instan. Semua memerlukan proses tertentu. Tapi tenang, jika Anda mau berusaha semua itu pasti bisa Anda lakukan.

Begini caranya:

  • Cari tahu apa masalah yang sering dihadapi calon pelanggan Anda.
  • Cari tahu apa solusi terbaik dari masalah tersebut.

Biasanya pengunjung akan berminat jika mereka membaca sebuah penawaran yang bisa menemukan solusi atas masalah yang mereka hadapi.

Karena itu dalam membikin landing page Anda harus bisa memberikan mereka sebuah HARAPAN, dengan cara menawarkan sebuah solusi dari masalah yang sering mereka hadapi.

Cara terbaiknya adalah ceritakan dulu tentang masalah-masalah yang sering dihadapi oleh pelanggan Anda.

Pastikan saat pengunjung membaca tulisan Anda terbut, mereka merasa “Wah ini memang masalah yang saya hadapi.”

Lalu sampaikan secara persuasif jika Anda memiliki sebuah produk atau layanan yang bisa menjadi solusi atas masalah tersebut.

Buat mereka sangat MENGINGINKAN produk Anda

Perlu Anda ketahui, pengunjung membeli bukan karena fitur dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Bukan juga karena harga yang Anda berikan.

Mereka membeli hanya karena KEINGINAN.

Lalu bagaimana cara membuat landing page yang bisa menciptakan keinginan membeli?

Berikan beberapa ALASAN mengapa mereka harus membeli produk Anda.

HATI-HATI, disini masih banyak pemula yang sering salah dalam membuat sebuah alasan.

Yang harus Anda perhatikan, jangan sampai pengunjung landing page Anda nantinya merasa “Apa untungnya ini buat saya?”

Alasan ini seharusnya dibuat bukan hanya tentang fitur atau kelebihan produk. Ingat sekali lagi, pengunjung membeli bukan karena fitur dari produk Anda.

Lebih baik Anda menceritakan secara personal apa saja manfaat produk Anda untuk pengunjung. Ini merupakan cara membuat landing page yang paling efektif didalam menkonversi pengunjung menjadi pembeli.

Agar tidak membingungkan lihat contoh ini:

Cara 1: “H*rb*life bisa menurunkan berat badan 6-7 Kg dalam waktu 3 bulan.”

Cara 2: “Berat badan Anda bisa turun 6-7 Kg dalam waktu 3 bulan”

Kedua cara diatas terlihat memiliki makna yang sama. Tahukah Anda apa yang membedakannya?

Cara pertama memang sudah cukup bagus, tapi cara ini masih menceritakan fitur atau kelebihan produk yang dijual. Artinya, belum secara personal tertuju kepada kepentingan pengunjung.

Sedangkan cara kedua lebih personal, memberikan manfaat dan solusi langsung atas masalah yang dihadapinya.

Memang terlihat sepele, tapi dengan menerapkan cara ini dapat mempengaruhi pikiran bawah sadar pengunjung. Sehingga keinginannya akan lebih terangsang.

Berikan BONUS untuk lebih meningkatkan keinginan pengunjung

Sebenarnya memberikan bonus bukan suatu kewajiban, tapi karena konsep kita kali ini tentang bagaimana cara membuat landing page yang berkonversi tinggi, maka hal ini harus Anda pertimbangkan.

Tidak bisa kita pungkiri, hampir setiap orang pasti akan senang jika diberi bonus. Ya meskipun itu kecil nilainya, namun saya yakin pengunjung pasti lebih memilih produk Anda, daripada competitor yang tidak memberikan bonus sama sekali.

Untuk itu sebaiknya Anda mempersiapkan bonus apa yang bisa Anda berikan, sebelum Anda mulai  membangun landing page.

Cara memberikan penawaran bonus

  • Bonus harus relevan dengan produk yang Anda jual
  • Berkualitas dan bermanfaat untuk pembeli
  • Memiliki nilai atau harga
  • Cantumkan juga apa saja benefitnya

Contoh penawaran bonus

contoh penawaran bonus

Bonus tidak harus berupa barang, apalagi yang dapat memberatkan Anda. Misal jika Anda menjual produk penurun berat badan, Anda bisa menulis ebook tentang rahasia cepat menurunkan berat badan sebagai bonus.

Tunjukan TESTIMONI untuk lebih memperkuat keinginan

Pernahkah Anda melewati sebuah rumah makan yang sampai pembelinya rela antri panjang hanya untuk membeli 1 porsi makanan yang dijual di situ?

testimonial pada landing page

Melihat antrian panjang seperti itu Anda tiba-tiba dihentikan oleh rasa penasaran. Lalu timbul keinginan Anda untuk ikut mencicipi makanan tersebut.

Keinginan itu bisa timbul hanya karena Anda melihat antrian panjang seperti itu.

Lalu apa hubunganya, sebuah antrian panjang dengan tutorial cara membuat landing page yang sedang kita bahas ini?

Pada dasarnya di dalam pembuatan halaman landas, peran testimoni hampir sama seperti sebuah antrian panjang dalam dunia offline.

Keberadaan testimoni bukan saja untuk memperkuat kepercayaan pembeli, tapi juga memperkuat keinginan pengunjung untuk ikut membeli.

Cara membuat testimoni pada landing page

  • Tampilkan testimoni asli dari pembeli
  • Biarkan natural dan tidak mengada-ada
  • Jangan membuat testimoni palsu

Saya rasa tidak ada teknik khusus untuk membuat testimoni. Anda cukup memintanya pada pembeli yang puas terhadap layanan Anda.

Tingkatkan pelayanan Anda agar bisa memperoleh testimoni positif.

Berikan GARANSI untuk mengunci keinginan

Jika Anda membaca sampai disini, tutorial bagaimana cara membuat landing page yang saya tulis ini maka saya Anggap Anda sudah bisa membangun landing page yang berkonversi tinggi.

Karena pada tahap ini Anda sudah bisa menggiring pengunjung sampai mereka memiliki keinginan untuk membeli produk Anda.

Tugas Anda selanjutnya adalah mengunci keinginan pengunjung agar tidak memudar karena mereka masih ragu-ragu.

Begini cara membuat garansi pada landing page

  • Jangan memberikan garansi yang tidak sanggup Anda caver
  • Hindari Garansi yang memberatkan Anda
  • Dapat menyentuh rasa frustrasi yang dialami pengunjung

Hampir semua masta mengajarkan cara membikin landing page dengan memberi garansi di dalamnya. Adanya garansi ini dapat mengatasi rasa ragu-ragu pengunjung sebelum mereka membeli produk yang Anda tawarkan.

Jadi memberikan garansi ini memang wajib hukumnya jika Anda benar-benar ingin membangun landing page yang berkonversi tinggi.

Membuat call to action agar pengunjung segera bertindak

Tutorial bagaimana cara membuat landing page yang saya sampaikan ini sudah sampai pada tahap puncak. Pada tahap ini sudah waktunya Anda mengeksekusi pengunjung dengan CTA (Call To Action).

CTA adalah sebuah ajakan yang dibuat dengan tujuan agar pengunjung landing page Anda segera mungkin melakukan tindakan, sehingga menghasilkan konversi.

Cara membuat CTA pada landing page

  • Tambahkan kalimat ajakan untuk segera bertindak
    Contoh: Ayo bergabung dengan seribu konsumen yang puas hari ini juga!
  • Buat sebuah tombol CTA dengan warna kontras yang menonjol

Anda bisa menempatkan CTA di bagian atas, tengah, ataupun bawah pada bagian landing page Anda. Yang perlu diingat! Meskipun Anda memasang beberapa CTA, tapi GOAL harus tetap satu tujuan.

Selebihnya Anda bisa membuatnya sesuai kreativitas Anda sendiri.

Cara Membuat Landing Page Yang Salah Tapi Masih Sering Dilakukan Pemula

kesalahan membuat landing page

Seperti yang saya sampaikan tadi, membangun landing page yang berkonversi tinggi memang tidak mudah, strukturnya berbeda sedikit saja akan berakibat penawaran bisnis Anda tidak menarik.

Tapi tanpa disadari, pemula justru sering melakukan kesalahan-kesalahan saat mulai mencoba membikin landing page yang bisa berakibat fatal pada hasil penjualannya.

Berikut ini cara membuat landing page yang salah tapi sering dilakukan pemula:

  • Membuat landing page yang terlalu konservatif sehingga tidak akan bisa meyakinkan pengunjung
  • Call To Action tidak mampu merangsang pengunjung untuk mengambil keputusan secepatnya
  • Headline yang tidak menarik dan tidak memiliki efek memikat minat pengunjung
  • Sales letter ditulis asal-asalan dan yang penting bisa cepat jadi
  • Tidak memiliki proposisi penjualan yang unik dan kurangnya sensasional over
  • Pengunjung tidak bisa memahami mengenai bisnis yang ditawarkan
  • Membuat terlalu banyak penawaran, sehingga pengunjung tidak merasa nyaman
  • Loading yang lama dan tidak teroptimasi untuk akses mobile

Jika Anda mengharapkan sebuah hasil maksimal, maka Anda harus benar-benar memahami teknik bagaimana cara membuat landing page yang berkonversi tinggi seperti yang saya tulis diatas.

Bila perlu Anda harus membacanya berulang kali!

Namun jika Anda sudah sangat terburu-buru ingin segera mungkin meningkatkan omzet bisnis Anda, maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan jasa pembuatan landing page yang disediakan EVOmedia seperti ratusan pebisnis sukses lainnya.

Demikian tutorial dari saya tentang bagaimana cara membuat landing page yang berkonversi tinggi. Semoga Anda bisa segera mengaplikasikan untuk pertumbuhan bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan