Tutorial Bagaimana Cara Pasang Iklan di Google Ads Untuk Pemula

Kali ini saya akan memberikan Anda tutorial bagaimana cara pasang iklan di Google Ads yang mudah dipahami oleh para pemula yang saat ini masih bingung namun ingin segera meningkatkan omset melalui internet. Memang merupakan pilihan yang sangat tepat jika Anda memutuskan untuk beriklan dengan Google Ads, karena ini merupakan salah satu iklan online paling populer yang sering digunakan sebagai media promosi online atau digital marketing.

Google Ads adalah platform periklanan milik Google yang digunakan untuk tujuan promosi baik melalui search enggine Google dan di seluruh jaringan Google.

Cara kerjanya sangat pintar! Penawaran Anda akan muncul ketika ada orang mencari suatu informasi yang relevan dengan produk atau jasa yang Anda jual. Jadi jika Anda pasang iklan di Google Ads maka promosi Anda akan menjadi sangat tertarget.

Yang menarik disini adalah Google memberikan kontrol terhadap anggaran iklan yang Anda butuhkan, artinya biaya Google Ads sangat flexibel. Bahkan tidak ada batasan jumlah minimum yang harus Anda belanjakan.

Nah, jika Anda ingin memanfaatkan platform ini, Anda bisa membaca panduan cara pasang iklan di Google Ads berikut.

cara pasang iklan google ads

 

Panduan Cara Pasang Iklan di Google Ads

Sebelum dilanjut, saya ingin memberitahukan bahwa dalam tutorial kali ini saya hanya akan memberikan paduan bagaimana cara pasang iklan di Google Ads yang sangat dasar.

Tujuanya agar bisa lebih mudah dipahami oleh pemula. Namun bagi Anda yang sudah berpengalaman, mungkin panduan ini kurang cocok untuk Anda. Jangan khawatir, kedepan saya juga akan memberikan tutorial cara beriklan dengan google Ads untuk tingkat beginner atau advanced. Untuk itu jangan lupa daftarkan email Anda untuk berlangganan artikel gratis dari kami.

Ok.. Jika Anda pemula yang ingin segera bisa pasang iklan di Google, silahkan ikuti tutorial step by step cara pasang iklan di Google Ads dibawah ini:

Membuat Akun di Google

Untuk bisa beriklan dengan Google Ads, tentu saja Anda harus memiliki akun di Google terlebih dahulu. Yang perlu Anda ketahui, satu akun Google bisa digunakan untuk login ke semua produk Google, termasuk Ads.

Jadi jika Anda sudah memiliki akun di Google seperti Gmail, YouTube, Google Plus, Google Play, dan Google Drive, maka Anda juga dapat login ke Google Ads Account dengan cara menggunakan nama pengguna dan password tersebut dan lewati saja langkah ini.

Tetapi jika Anda belum memiliki akun untuk produk Google apapun, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat akun Google terlebih dahulu.

Berikut cara membuat akun di Google:

  1. Silahkan kunjungi Halaman Pembuatan Akun Google.
  2. Ikuti saja langkah-langkah yang ada di layar.
  3. Gunakan akun yang Anda buat untuk login ke Google Ads.

Mendaftarkan Akun di Google Ads

Sampai tahap ini, saya anggap Anda sudah memiliki akun di Google. Sekarang mari kita lanjutkan kembali tutorial bagaimana cara pasang iklan di Google Ads ini.

Langkah berikutnya adalah Anda harus mendaftarkan akun Google Anda ke dalam layanan periklanan Google. Google Ads Account sendiri memiliki dua jenis, yaitu Google Ads dan Google Ads Express. Kedua produk tersebut sama-sama dapat membantu Anda untuk menjangkau calon pelanggan potensial pada saat yang tepat.

Anda bisa membandingkan perbedaan Google Ads dan Google Ads Express, namun karena pada panduan cara pasang iklan di Google Ads ini saya tujukan untuk pemula, maka saya akan menggunakan akun Google Ads Express saja.

Berikut ini cara daftar Google Ads gratis:

  1. Silahkan buka halaman Pendaftaran Google Ads dan klik tombol Sign In.
  2. Masukan nama pengguna dan password Google Anda.
  3. Klik Add business untuk mulai memasang iklan.
  4. Selanjutnya isikan nama bisnis Anda dan alamat website Anda.

Daftar Google AdWords

Pastikan Anda mengisi semua data yang diminta di dalam formulir tersebut. Ikuti semua tata cara yang tertera di dalam halaman tersebut. Jika Anda belum memiliki website, Anda bisa membuat akun Google plus secara Gratis. Setelah selesai mengisi formulir, Anda juga harus melakukan verifikasi akun Anda.

Menargetkan Iklan Berdasar Lokasi Geografis

Dengan Google Ads, Anda juga bisa menampilkan iklan hanya pada lokasi geografis yang Anda inginkan, seperti: negara, kota, radius di sekitar lokasi usaha Anda, atau grup lokasi. Penargetan lokasi seperti ini merupakan salah satu keunggulan beriklan dengan Google Ads yang dapat membantu Anda untuk memfokuskan iklan agar tayang di sekitar tempat usaha Anda, sehingga Anda dapat menemukan pelanggan yang tepat.

Cara ini cocok diterapkan untuk Anda yang memiliki bisnis lokal, seperti rumah makan, rental mobil, konsultan, dll. Hasilnya, jenis penargetan spesifik ini dapat membantu meningkatkan laba atas investasi (ROI) Anda.

Pilih Bahasa dan Kategori Bisnis

Harap diperhatikan dengan baik! Diantara semua tahap yang ada pada tutorial cara pasang iklan di Google Ads yang sedang Anda baca ini, tahap ini merupakan tahapan paling penting menurut saya. Hal ini nantinya mempengaruhi target market Anda dan bagaimana iklan Anda bisa ditemukan.

Kategori Bisnis

Jika target Anda orang Indonesia sebaiknya pilih bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, karena 2 bahasa inilah yang paling sering dipakai oleh orang Indonesia. Sedangkan kategori bisnis, pilih yang paling relevan.

Mulai Membuat Iklan Google Ads

Jika sudah melaksanakan langkah-langkah dalam tutorial di atas, maka kini Anda sudah bisa memasang iklan Anda sendiri. Cara pasang iklan di Google Ads sebenarnya sangat mudah , Anda tinggal ikuti saja petunjuk yang ada.

Pasang Iklan AdWords

  1. Buatlah judul iklan semenarik mungkin.
  2. Isikan sampai 2 baris iklan yang sesuai dengan bisnis Anda.
  3. Cantumkan juga  website Anda, atau halaman Google plus jika belum punya website.
  4. Anda bisa juga menambahkan nomor telepon.
  5. Klik tombol lanjut untuk menuju ke tahap selanjutnya.

Menetapkan Anggaran dan Biaya Google Ads

Seperti yang saya sampaikan di atas tadi, bahwa biaya Google Ads sangat flexibel. Pada tahap ini Anda bisa menetapkan berapa biaya per klik dan jumlah anggaran yang Anda alokasikan untuk pasang iklan di Google Ads.

Tetapkan Aggaran AdWords

Karena sekarang Anda masih dalam tahap pembelajaran, maka pada tutorial cara pasang iklan di Google Ads kali ini saya menyarankan agar Anda memulai dari nilai pembayaran iklan yang paling kecil terlebih dahulu. Memang semakin iklan dibayar murah maka potensi iklan bisa tampil paling atas di halaman pencarian akan semakin sedikit, namun diwaktu yang akan datang Anda bisa menaikan sedikit demi sedikit.

Anda bisa mengalokasikan budget yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Alokasi anggaran akan berpengaruh pada seberapa sering iklan bisa tayang pada search enggine Google maupun jaringan Google.

Memilih Metode Pembayaran

Jika Anda sudah sampai pada tahap ini, berarti Anda sudah bisa mengituti tuturial bagaimana cara pasang iklan di Google Ads yang saya bagikan ini dengan baik.

Langkah selanjutnya adalah memilih metode pembayaran yang akan Anda gunakan. Ada dua metode pembayaran yang bisa Anda pilih yaitu manual dan otomatis. Jika memilih cara manual, maka Anda diminta melakukan deposit. Jadi nantinya biaya yang digunakan akan dipotong dari deposit yang Anda berikan. Sedangkan untuk cara otomatis, Anda akan ditagih ketika iklan yang Anda pasang sudah ditayangkan.

Selamat, sekarang Anda sudah bisa beriklan dengan Google Ads untuk menunjang pertumbuhan bisnis Anda. Dan ini merupakan salah satu metode digital marketing yang saat ini dianggap begitu efektif memberikan peluang yang besar bagi penggunanya untuk mendapatkan keuntungan yang besar pula.

Peran penting Google Ads dalam memasarkan produk Anda tidak bisa lagi dianggap remeh. Tak heran jika banyak yang kemudian memilih layanan ini untuk memasarkan produknya.

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu sementara Anda ingin agar omzet bisa segera meningkat, maka Anda bisa menggunakan jasa Google Ads yang kami sediakan. Jika Anda menggunakan jasa TRANSmedia, iklan Anda akan ditangani dan dioptimasi oleh team ahli yang sudah di akui Google.

Demikian panduan cara pasang iklan di Google Ads untuk pemula ini saya tulis. Semoga tutorial ini berguna bagi Anda yang ingin memanfaatkan layanan tersebut.

Tinggalkan Balasan