Landing Page Yang Cocok Untuk Market Indonesia

Landing page Indonesia memang memiliki perbedaan dengan market luar negeri. Tahukah Anda bagaimana membuat halaman yang cocok untuk market Indonesia?

Ibarat sebuah pakaian milik orang bule, akan menjadi kebesaran dan tidak cocok jika dikenakan oleh masyarakat lokal Indonesia. Jika dipaksakan pasti terlihat aneh bukan?

Begitu juga dalam digital marketing. Sebuah halaman website penjualan harus bisa menyesuaikan dengan kondisi target market yang kita bidik.

Saya yakin jika kita memaksakan kebule-bulean hanya demi gengsi, maka mimpi buruk yang akan kita temui. Tentu Anda tidak ingin terjadi seperti itu bukan?

Landing Page Indonesia

Membuat Landing Page Indonesia Harus Disesuaikan Dengan Karakter Orang Indonesia

Tahukah Anda apa itu landing page? Landing page adalah sebuah halaman penjualan yang dikunjungi pertama kali oleh visitor setelah mereka melihat dan mengklik iklan Anda.

Menentukan target market merupakan salah satu hal terpenting sebelum Anda membuat landing page. Salah membidik market dapat berakibat buruk terhadap hasil penjualan.

Jadi Anda harus bisa menentukan target market yang tepat, jika Anda ingin ada peningkatan penjualan yang memuaskan.

Begitu juga dalam pembuatan landing page. Anda membuat landing page gratis atau profesional tidak jadi masalah, tapi harus sesuai dengan market Anda.

Jika memang Anda menawarkan produk atau jasa lokal, maka sebaiknya Anda membuat landing page Indonesia yang juga harus disesuaikan dengan karakter orang Indonesia.

Sekarang mari kita bahas bagaimana membuat landing page yang cocok untuk market Indonesia.

Gunakan Bahasa Indonesia Yang Mudah Dipahami

Dunia internet tidak mengenal batas wilayah suatu negara. Dalam 24jam penawaran pada website Anda bisa dengan mudah dibaca oleh orang-orang dari seluruh dunia.

Namun demikian bukan berarti internet merupakan dunia tanpa batas!

Satu-satunya yang membatasinya adalah masalah BAHASA. Orang akan merasa lebih nyaman jika dia membaca penawaran menggunakan bahasa yang digunakan sehari-hari.

Saya sering menjumpai landing page Indonesia dengan produk atau jasa local, tapi malah dibuat menggunakan Bahasa Inggris. Bukan terlihat keren tapi konversinya jadi jelek.

Boleh saja Anda menggunakan bahasa asing jika website Anda merupakan company profile, tapi landing page untuk market Indonesia harus dibuat dengan Bahasa Indonesia.

Saya jamin penawaran Anda akan lebih nyaman dibaca dibanding dengan halaman dengan bahasa asing, meskipun pengunjung Anda menguasai bahasa asing sekalipun.

Apalagi jika ternyata tidak semua pengunjung landing page Anda menguasai bahasa asing.

Landing Page Indonesia Itu Tidak Boleh Bertele-tele

Jika Anda pernah membaca artikel saya yang menjelaskan tentang cara membuat landing page yang berkonversi tinggi, seharusnya Anda sudah paham bahwa landing page harus bisa mempengaruhi pikiran pengunjung dalam waktu singkat.

Maka sebaiknya jangan sampai Anda membuat pengunjung jadi makin pusing dengan penawaran yang terlalu panjang dan bertele-tele.

Apalagi kita sudah sama-sama tahu kalau sebagian besar orang Indonesia itu memiliki karakter malas membaca. Memang tidak semua, tapi saya rasa banyak yang demikian.

Jadi sebaiknya Anda membuat penawaran yang simple, singkat, jelas, to the point dan tidak bertele-tele.

Penawaran yang dibuat seperti ini bisa menjadi contoh landing page yang menarik dan lebih cocok untuk market Indonesia.

Cantumkan Nomor Handphone Yang Cukup Jelas

Anda boleh tidak mencantumkan alamat email, tapi Anda wajib mencantumkan nomor handphone pada landing page Anda.

Terlebih lagi nomor handphone yang terkonek dengan akun WhatsApp atau Line.

Sebagian besar orang Indonesia lebih suka menghubungi Anda langsung melalui nomer handphone, baik melalui panggilan telepon, SMS, maupun chat via WhatsApp atau Line.

Jadi alangkah baiknya jika landing page Indonesia yang memang dibikin khusus untuk orang Indonesia mencantumkan nomor handphone yang cukup jelas.

Tidak perlu mencantumkan banyak nomor. Saya rasa satu atau dua nomor saja sudah cukup. Yang penting mudah untuk dihubungi.

Anda juga boleh menambahkan alamat surel jika memang Anda rasa perlu untuk mencantumkanya.

Landing Page Indonesia Tidak Perlu Proses Checkout Yang Ribet

Dulu klien saya pernah membuat sebuah landing page yang lengkap dengan proses checkout layaknya sebuah online shop di luar negeri.

Bagi orang awam memang terlihat lebih canggih ya?

Tapi faktanya bounce ratenya sangat tinggi. Artinya banyak pengunjung yang justru malah meninggalkan halamannya setelah mereka mengklik tombol CTA.

Alhamdulillah, penjualan jadi meningkat dratis setelah saya sarankan untuk merubah tombol CTA yang langsung mengarah pada chat WhatsApp.

Artinya proses checkout yang ribet memang kurang cocok untuk landing page Indonesia.

Orang Indonesia lebih suka dengan proses yang simpel, seperti chat langsung via WhatsApp sebelum akhirnya mereka deal dengan bisnis Anda.

Siapkan Customer Service Yang Cukup Sabar

Yup, landing page Indonesia harus mempunyai customer service yang bukan hanya paham product knowledge, tapi juga sabar menanggapi semua pertanyaan.

Meskipun Anda sudah membuat sebuah sales letter yang cukup jelas, namun banyak pengunjung yang menanyakan seputar produk atau jasa Anda.

Bahkan tidak sedikit yang menanyakan hal-hal sepele yang seharusnya sudah cukup jelas.

CS yang kurang sabar biasanya menyuruh pengunjung untuk membaca ulang sales letter tersebut. Malah ada juga yang sampai marah-marah pada pengunjung.

Ironisnya, 83% dari pengunjung yang disuruh membaca ulang tersebut malah kabur dan tidak pernah lagi kembali menghubungi CS, apalagi sampai closing.

Jadi Anda harus siapkan customer service yang cukup sabar melayani karakter orang Indonesia yang memang lebih suka berdiskusi seperti ini.

Sampai disini Anda bisa kembangkan sendiri, kira-kira landing page seperti apa yang cocok untuk bisnis Anda.

Jika Anda menggunakan jasa landing page, Anda bisa berkonsultasi dengan developer Anda terlebih dahulu. Biasanya mereka sudah berpengalaman membuat landing page Indonesia.

Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *