Pengertian Landing Page dan Kenapa Anda Harus Memanfaatkanya

Secara garis besar pengertian landing page adalah sebuah halaman website tertentu yang dibuat secara khusus untuk menarik perhatian pengunjung , langsung pada pandangan pertama.

Hingga saat ini landing page masih tetap menjadi salah satu funnel utama para pelaku internet marketing untuk meningkatkan penjualan maupun mengumpulkan prospek. Sudah banyak diantara mereka yang bisnisnya sukses karenanya.

Memang menggunakan landing page merupakan salah satu strategi digital marketing yang benar-benar ampuh dalam menkonversi pengunjung menjadi pembeli dan ini sudah dibuktikan oleh banyak orang dari seluruh dunia.

Meskipun demikian ternyata masih banyak juga netizen yang belum mengerti tentang senjata andalan para internet marketer yang luar biasa ini.

Sangat sayang sekali jika Anda tidak bisa ikut memanfaatkanya hanya karena Anda belum mengetahui apa itu landing page.

Kabar baiknya, kali ini saya akan menjabarkanya secara mendalam kepada Anda. Sehingga nantinya Anda bukan hanya mengerti, tapi juga bisa ikut memanfaatkan kehebatan landing page untuk meningkatkan omzet penjualan pada bisnis Anda.

pengertian landing page

Apa Itu Landing Page?

Pengertian landing page adalah sebuah halaman landas yang di kunjungi pertama kali oleh pengunjung, hingga akhirnya pengunjung bisa melakukan suatu tindakan tertentu.

Halaman landas ini juga bisa disebut sebagai minisite, karena biasanya hanya terdiri dari satu atau beberapa halaman saja. Sehingga dikatakan sebagai website yang berukuran kecil atau mini.

Sebuah minisite yang hanya terdiri dari satu halaman, bukan dibuat karena tidak dengan maksud dan tujuan tertentu.

Landing page memang sengaja dibuat hanya dengan satu halaman tanpa menggunakan menu navigasi atau link ke halaman lain agar pengunjung tidak bolak-balik antar halaman website.

Tujuan meminimalkan pergerakan visitor seperti ini agar mereka bisa tetap fokus pada suatu penawaran kita dan mau sesegera mungkin melakukan suatu tindakan tertentu.

Informasi yang terdapat di landing page juga harus spesifik dan fokus hanya pada suatu tujuan saja. Sama seperti landasan pesawat terbang, yang tidak boleh dibuat berbelok-belok.

Hal itulah yang membedakan antara landing page dengan company profile atau toko online dengan banyak pilihan produk di dalamnya yang bisa membingungkan pengunjung.

landing page vs online shop

Tujuan Membuat Landing Page

Sekali lagi saya tegaskan, landing page adalah sebuah halaman yang di buat secara khusus untuk menggiring pengunjung melalui sales funnel yang tepat agar mereka mau secepatnya melakukan suatu tindakan tertentu sesuai keinginan Anda.

Berikut beberapa contoh tujuan landing page:

  • Meningkatkan Penjualan Langsung
  • List Building
  • Branding Name
  • Mendaftar webinar
  • Agar visitor segera menghubungi Anda
  • Mendownload sesuatu

Meskipun di atas saya menyebutkan ada beberapa contoh tujuan landing page, namun jangan sekali-kali Anda memasukkan semua goal di atas hanya pada satu halaman saja.

Ingat sekali lagi pengertian landing page yang sudah saya sampaikan di atas tadi.

Jika Anda memiliki lebih dari satu goal hanya pada satu laman saja, maka Anda bisa memecahkan fokus dan membingungkan pengunjung yang justru bisa berakibat buruk pada pencapaian target yang diharapkan.

Padahal seharusnya landing page adalah sebuah halaman dengan konten yang sangat spesifik dengan maksud agar visitor bisa fokus pada suatu tujuan tertentu.

Jika visitor Anda bisa fokus pada goal tersebut, maka konversi yang Anda dapat juga akan bisa lebih memuaskan.

Untuk itu menentukan tujuan Anda membuat landing page merupakan hal terpenting yang harus Anda lakukan terlebih dahulu.

Jenis Landing Page

Meskipun merupakan halaman landas yang simple dan spesifik, landing page juga memiliki beberapa jenis. Namun disini saya hanya menjelaskan dua jenis yang paling inti saja.

Masing-masing jenis landing page ini penggunaannya bisa Anda sesuaikan dengan tujuan utama Anda.

Berikut ini adalah jenis-jenis landing page

  • Click Through
    Click Through adalah landing page yang mempunyai fungsi agar pengunjung mau segera mengklik tombol call to action. Tombol ini bisa berupa add to cart, chat melalui WA otomatis, ataupun mengarahkan pengunjung ke halaman lain.
  • Lead Generation
    Lead Generation dibuat untuk mendapatkan data-data tertentu dari pengunjung. Misalnya saja untuk mendapatkan email dan nama pengunjung. Imbalan yang diberikan bisa berupa video atau ebook.

Untuk penjelasan yang lebih detail, silahkan Anda baca juga artikel tentang Jenis Landing Page atau Anda juga bisa melihat contoh landing page disini.

Bagaimana Cara Membuat Landing Page

Apapun tujuan Anda nantinya, sebuah landing page yang baik harus bisa menarik perhatian pengunjung agar mereka mau sesegera mungkin melakukan tindakan sesuai tujuan yang Anda targetkan.

Untuk itu jika Anda berencana membuat landing page sendiri, Anda juga harus memperhatikan teknik-teknik penulisan copywriting, pemilihan warna dan tata letak tombol call to action.

Disini saya tidak mungkin bisa menyampaikan tutorial yang memerlukan penjelasan cukup panjang. Namun tenang, saya tetap akan membagikan ilmu ini kepada Anda melalui artikel selanjutnya.

Silahkan Anda baca tutorial cara membuat landing page di sini.

Sebenarnya Anda tidak harus berjuang sendirian untuk membuat landing page yang  diluar bidang Anda.

Anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan landing page yang disediakan TRANSmedia, jika memang Anda tidak punya cukup waktu untuk belajar tapi ingin segera meningkatkan omzet bisnis Anda.

Jangan khawatir! Karena harga jasa pembuatan landing page yang ditawarkan disini sangat terjangkau.

Demikian artikel tentang pengertian landing page ini saya buat untuk Anda, semoga setelah memahaminya Anda bisa segera memanfaatkan untuk meningkatkan omzet penjualan Anda.

Tinggalkan Balasan