5 Tujuan Sales Funnel Yang Sangat Penting Untuk Bisnis Anda

Apakah Anda masih bingung sebenarnya apa tujuan sales funnel itu? Apakah memang sangat penting untuk bisnis Anda?

Anggap saja saat ini Anda memiliki produk yang baru saja Anda launching! Dimana kualitas produk Anda sudah sangat bagus dengan kemasannya yang menarik.

Karena produk bisnis Anda masih baru, pastinya belum diketahui kegunaan dan manfaatnya bagi khalayak luas, apalagi bisa menarik perhatian mereka. Sangat sulit bukan?

Jadi agar produk yang baru Anda produksi bisa merebut perhatian konsumen, maka tujuan pertama yang harus Anda capai adalah memperkenalkannya kepada calon-calon pelanggan Anda terlebih dahulu.

Kemudian sales funnel yang Anda buat harus memiliki tahapan-tahapan yang terarah, agar nantinya bisa mencapai tujuan yang Anda harapkan.

Setiap tahap didalam sales funnel ini akan berpengaruh terhadap perilaku konsumen.

Sehingga secara tahap demi tahap Anda bisa merubah pengunjung yang sebelumnya belum mengenal produk Anda, bisa berubah menjadi pembeli atau bahkan pelanggan loyal.

WOW… Ternyata tujuan sales funnel itu memiliki peran penting untuk pertumbuhan bisnis Anda!

Untuk itu pastikan Anda baca artikel ini sampai selesai, karena disini saya akan bahas apa saja manfaat funnelling untuk bisnis Anda.

Tujuan Sales Funnel

Inilah 5 Tujuan Dari Sales Funnel Yang Harus Anda Pahami

Sales Funnel adalah saluran pemasaran untuk memvisualisasikan perjalanan pengunjung menjadi pelanggan secara teoritis, mulai dari mana mereka datang berkunjung hingga melakukan tindakan pembelian barang atau jasa.

Anda tentunya harus memahami tujuan dari setiap tahapan yang dilakukan konsumen sehingga Anda dapat mengalirkan konsumen dalam menentukan keputusan untuk membeli. 

Yuk simak apa saja tujuan sales funnel yang bisa dilakukan untuk pertumbuhan bisnis Anda:

Menarik Pengunjung Baru Untuk Mengenal Bisnis Anda

Trafik adalah salah satu kunci awal kesuksesan dalam dunia digital marketing. Bisnis akan lesu dan mati jika tidak memiliki trafik.

Namun trafik sepeti apa yang bagus untuk menghasilkan penjualan?

Untuk bisa menjawab itu, Anda terlebih dahulu harus bisa menentukan:

  • Siapa saja target market Anda.
  • Masalah apa yang mereka hadapi.
  • Solusi seperti apa yang mereka harapkan.

Jika Anda sudah bisa menentukan semua itu, selanjutnya Anda bisa membuat content marketing yang bermanfaat untuk pengunjung Anda.

Tujuan dari konten tersebut adalah agar pengunjung yang membacanya bisa mulai sadar dengan masalah yang dihadapinya.

Pengunjung yang sadar terhadap masalahnya akan mencari produk terbaik sebagai solusi atas masalah tersebut. Dan jika produk Anda adalah solusinya maka mereka akan membeli produk Anda.

Content marketing yang Anda buat tidak harus berada di halaman website atau blog.

Content marketing ini merupakan bagian dari sales funnel yang bisa Anda aplikasikan dengan memanfaatkan berbagai media sebagai sumber trafik, seperti Facebook, Instagram, YouTube, dll.

Semakin banyak dan sering Anda membuat konten bermanfaat, maka semakin banyak trafik potensial yang Anda dapatkan dari strategi funnelling ini.

Mengumpulkan Database Pengunjung

Mengumpulkan database pengunjung juga menjadi salah satu tujuan sales funnel yang tidak kalah penting. Setiap pengunjung akan menjadi sia-sia jika Anda tidak berhasil mendapatkan database mereka.

Diantara cara yang dapat ditempuh guna mengumpulkan database pengunjung adalah dengan lead magnet.

Lead magnet adalah sebuah metode dari sales funnel yang bertujuan untuk menarik sebanyak mungkin database pengunjung.

Anda dapat memancing minat mereka dengan memberikan informasi yang mereka butuhkan, namun dalam mengakses informasi tersebut mereka harus mendaftarkan nama, email dan Hp mereka.

Informasi yang Anda berikan sebaiknya harus bisa membantu pelanggan menyelesaikan masalahnya.

Tujuan kita mengumpulkan database pengunjung adalah agar Anda bisa terus melakukan follow up ataupun memberikan penawaran produk sebagai solusi atas masalah yang mereka hadapi.

Mengajak Mereka Untuk Menjadi Pembeli

Tujuan sales funnel yang terpenting dan paling Anda harapkan adalah menghasilkan penjualan atas produk bisnis yang Anda tawarkan.

Namun belum semua pengunjung yang datang langsung membeli produk Anda, meskipun sebenarnya mereka adalah pengunjung potensial.

Mereka masih memerlukan sebuah penawaran bisnis yang cukup mampu menarik minat dan perhatiannya.

Dalam tahap ini Anda bisa membuat landing page atau halaman penjualan yang bisa meyakinkan dan mempengaruhi pikiran pengunjung agar mereka mau membeli produk Anda.

Cara yang paling ampuh adalah dengan menerapkan formula AIDA di dalamnya.

Tujuan formula AIDA didalam sales funnel adalah untuk membuat konten yang bisa menarik perhatian pengunjung sampai mereka mau mengambil tindakan yang Anda harapkan.

Anda bisa mengarahkan pengunjung Anda yang sebelumnya sudah membaca konten Anda dan mulai sadar akan masalahnya ke landing page tersebut.

Tujuannya agar setelah mereka membaca penawaran produk Anda, mereka bisa menemukan solusi terbaik dari masalah yang dihadapinya.

Mengumpulkan Database Pembeli

Tadi kita sudah bahas betapa pentingnya tujuan mengumpulkan database untuk pertumbuhan bisnis Anda.

Jadi jika Anda bisa mengumpulkan database calon pembeli makan jangan lupakan juga database pembeli.

Karena mengumpulkan database pembeli juga menjadi tujuan dari sales funnel yang tidak boleh kita lupakan, sebab hal ini bisa sangat menguntungkan bisnis Anda.

Salah satunya Anda bisa memberikan informasi akan update produk bisnis Anda kepada pelanggan Anda.

Mengumpulkan database pembeli juga bertujuan untuk follow up agar mereka bisa berubah menjadi pelanggan loyal yang membeli produk Anda berulang kali.

Merubah Pembeli Menjadi Pelanggan

Tujuan sales funnel yang terakhir adalah untuk menciptakan repeat order yang tinggi atau merubah pembeli menjadi pelanggan.

Jika memungkinkan Anda bisa memberikan support atau layanan purna jual. Dimana pembeli yang telah memiliki produk Anda dapat tetap berhubungan dengan Anda jika mereka memiliki hal lain yang ingin dikonsultasikan.

Anda juga bisa membagikan informasi-informasi bermanfaat bagi mereka secara berkala. Sehingga pelanggan selalu ingat dengan bisnis Anda.

Maka dari itu setelah Anda merasa konsumen mengenal dan menggunakan produk bisnis Anda, pastikan database mereka tetap terhubung dengan situs Anda.

Tujuan yang kita harapkan agar mereka melakukan pembelian selanjutnya atau memberikan referensi kepada temannya karena kepuasan yang mereka dapatkan.

Sukses Besar Bersama Sales Funnel

Funnelling merupakan serangkaian strategi pemasaran yang tidak terpisahkan. Ya ibaratnya seperti corong pemasaran yang bisa menfilter calon pembeli potesnsial.

Anda sudah menyadari betapa pentingnya sales funnel terhadap bisnis Anda. Bahkan tadi kita sudah sama-sama membahas apa saja tujuan sales funnel untuk pertumbuhan bisnis Anda.

Namun demikian ternyata masih banyak orang yang berpikir “Ah… Saya gunakan cara saya saja sudah menghasilkan penjualan kok!”.

Jika Anda juga berpikiran seperti itu, Anda sudah membiarkan POTENSI SALES Anda hilang begitu saja.

Karena itu mulailah dari sekarang Anda belajar membuat sales funnel untuk menghasilkan omzet yang lebih besar lagi. Jangan puas dengan hasil yang Anda capai hari ini.

Sampai disini harus saya akhiri artikel 5 Tujuan Sales Funnel Yang Sangat Penting Untuk Bisnis Anda.

Semoga setelah Anda membaca tulisan diatas Anda bisa lebih menyadari betapa pentingnya sales funnel hingga Anda mau menerapkannya.

Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *